John w. Hill. Meskipun terjadi ledakan ekonomi dan perkembangan media yang pesat, hanya ada enam perusahaan PR yang terdaftar dalam buku telepon Manhattan tahunl926.Pada 1927,John W Hill, seorang jurnalis Cleveland, membuka perusahaan PR di kota itu. Pada 1933, dia menjalin kemitraan dengan Don Knowlton dan tak lama kemudian pindah ke New York untuk mendirikan Hill & Knowlton,Inc. (H&K). Knowlton tetap memimpin kantor di Cleveland. Kedua perusahaan itu, yang saling berhubungan karena kepemilikan yang tumpang tindih, beroperasi secara sendiri-sendiri sampai 1964, setelah Knowlton pensiun dan kantor cleveland dijual kepada perusahaan penerusnya. Hill meninggal pada 1977.Pada 1980, JWT Group, holding company yang dimiliki agen advertising J. Walter Thompson Company, membeli H&K senilai $28 juta. Kelompok usaha JWT dibeli oleh konglomerat Inggris, WPP Group, London, pada 1989 (lihat www.hillandknowlton.com).
Hill yang merupakan tokoh yang dihormati dan etis di bidang konseling PR berperan dalam membantu perusahaan tembakau besar. Tetapi perannya dalam membantu Tobacco Industri Research Committee (TIRC) mengancam legalitas Hill. Atas sarannya,presiden perusahaan tembakau besar setuju untuk mendanai TIRC, dan Hill ikut terjun dalam perang tembakau di pihak industri rokok
sampai dia pensiun dari H&K pada 1962. Tetapi, di sepanjang kehidupan profesionalnya, Hill menganggap dirinya sebagai orang yang berintegritas dan berprinsip. Dia menuangkan pandangannya itu dalam sebuah paper:
Seandainya perusahaan klien yang ada mengadopsi kebijakan yang diyakini konsultan tidak sesuai dengan kepentingan publik, maka konselor akan menentang kebijakan tersebut – dan apabila dia punya integritas, bersiaplah untuk kehilangan pendapatan kalau si klien tidak mau mendengar nasihat.
Ketika ditanya langsung tentang perannya dalam pembentukan TIRC dan dalam PR tembakau pada 1966 Hill menjawab, “Saya tidak akan berkomentar tentang soal ini, karena ini adalah perkara yang aktif dan sangat sensitif,” dan dia tidak memasukkan account tembakau H&K dalam memoirnya,The Making of a Public Relations Man. Namun lama setelah Hill meninggal, hanya ada sedikit keraguan tentang perannya dalam menciptakan front PR untuk industri tembakau:
Kendati  John Hill telah lama meninggalkan perang duniawi semacam itu, fakta menyebutkan bahwa dia adalah  tokoh pemimpin dalam pembentukan Tobacco Industry Research Committee dan Tobacco Institute. Hill pasti bertanggung jawab atas “rencana yang disusun dan dilaksanakan dengan brilian” yang membantu kepentingan industri tembakau dengan mengorbankan kesehatan jutaan orang Amerika.
Dua tahun sebelum Hill mendirikan toko di Cleveland, Edward D.Howard II juga mengorganisasikan agen PR di sana yang pada 2005 ini merayakan ulang tahunnya yang ke-80. Edward Howard and Company adalah perusahaan PR tertua di Ohio dan perusahaan milik independen yang paiing lama bertahan. Kini ia adalah anggota jaringan Pinnacle Worldwide perusahaan PR independen.