Selasa, 21 Februari 2012

Public Relations tidak sekedar murah senyum dan cantik

Banyak yang berpendapat bahwa public relations itu di analogikan dengan tampilan cantik dan ganteng, tebar senyum, ramah tamah dalam menjalin hubungan dengan khalayak. Padahal kenyataanya Publik Relations itu tidak hanya relations saja, walaupun hubungan individu mempunyai peranan lebih besar di dalam kampanye Public Relations.
Public relations juga tidak hanya menebar senyum untuk memperoleh kemenangan sendiri, atau mendekati pers agar bisa di beritakan. Tetapi Public relation mesti menggunakan strategi bagaimana perusahaan di percaya dan di sukai oleh pihak-pihak yang berhubungan mereka. Pihak-pihak ini disebut stakeholders atau  juga di sebut target publik, yang terdiri  pemegang saham, manajemen, karyawan, konsumen, pers, akademisi. Mereka-mereka ini akan mempengaruhi perusahaan dan pada kondisi tertentu bisa membentuk opini yang akan meningkatkan citra positif ataupun membuat citra negatif perusahaan.
Maka dari itu public relations merupakan fungsi strategi dalam manajemen yang melakukan komunikasi utnuk menimbulkan pemahaman dan penerimaan publik. Dalam proses penerimaan publik ini, perusahaan perlu memperhatikan hubungan yang harmonis dengan masyarakatnya, seperti terbuka, jujur, fair, konsisten dan tidak mengasingkan diri.
Jadi Public relations tidak sekedar murah senyum dan cantik  dalam berpenampilan tetapi public relations mempunyai sesuatu hal yang lebih dari itu seperti telah di uraikan di atas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar