Banyak yang berpendapat bahwa public relations itu di analogikan
dengan tampilan cantik dan ganteng, tebar senyum, ramah tamah dalam
menjalin hubungan dengan khalayak. Padahal kenyataanya Publik Relations
itu tidak hanya relations saja, walaupun hubungan individu mempunyai
peranan lebih besar di dalam kampanye Public Relations.
Public relations juga tidak hanya menebar senyum untuk memperoleh
kemenangan sendiri, atau mendekati pers agar bisa di beritakan. Tetapi
Public relation mesti menggunakan strategi bagaimana perusahaan di
percaya dan di sukai oleh pihak-pihak yang berhubungan mereka.
Pihak-pihak ini disebut stakeholders atau juga di sebut target publik,
yang terdiri pemegang saham, manajemen, karyawan, konsumen, pers,
akademisi. Mereka-mereka ini akan mempengaruhi perusahaan dan pada
kondisi tertentu bisa membentuk opini yang akan meningkatkan citra
positif ataupun membuat citra negatif perusahaan.
Maka dari itu public relations merupakan fungsi strategi dalam
manajemen yang melakukan komunikasi utnuk menimbulkan pemahaman dan
penerimaan publik. Dalam proses penerimaan publik ini, perusahaan perlu
memperhatikan hubungan yang harmonis dengan masyarakatnya, seperti
terbuka, jujur, fair, konsisten dan tidak mengasingkan diri.
Jadi Public relations tidak sekedar murah senyum dan cantik dalam
berpenampilan tetapi public relations mempunyai sesuatu hal yang lebih
dari itu seperti telah di uraikan di atas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar