Tugas public relation tentunya untuk
menjalin hubungan yang baik terhadap pihak – pihak yang berhubungan
dengan perusahaan melalui proses komunikasi. Siapa yang di maksud dengan
pihak – pihak tersebut? Yang di maksud di sini adalah khalayak yang
menjadi sasaran kegiatan PR dan di sebut stakeholders.
Stakeholder itu apa ya ? untuk memahami hal ini saya coba mengambil pengertian stakeholder dari buku "Rhenald Kasali Manajemen Public Relations halam 63 " sebagi berikut:
"Stakeholders adalah setiap kelompok
yang berada di dalam maupun luar perusahaan yang mempunyai peran dalam
menentukan perusahaan. Stakeholders bisa berarti pula setiap orang yang
mempertaruhkan hidupnya pada perusahaan. Penulis manajemen yang lain
menyebutkan bahwa stakeholders terdiri atas berbagai kelompok penekan
(pressure group) yang mesti di pertimbangkan perusahaan"
Pengertian dari wiki sebagai berikut
" a person, group, organization, or system who affects or can be affected by an organization’s actions.
Stakeholders ini secara umum bisa di
bagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok yang di dalam perusahaan atau
di sebut internal stakehoders dan yang berada di luar perusahaan yang di
sebut external stakeholders
Stakeholders Internal
|
Stakeholders External
|
1. Pemegang saham
2. Manajemen dan Top Executive
3. Karyawan
4. Keluarga Karyawan
|
1. Komsumen
2. Penyalur
3. Pemasok
4. Bank
5. Pemerintah
6. Pesaing
7. Komunitas
8. Pers
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar