Selasa, 21 Februari 2012

Public Relations Tools

Dalam menjalankan pekerjaannya seorang public relations mempunyai alat – alat kegiatan (PR tools). Alat – alat kegiatan ini bisa di sebut sebagai media public relations, antara lain sebagai berikut:
1. Publisitas dan media relations, seperti:
  • Press-release (menulis berita tentang perusahaan kepada media)
  • Press-conference (menyampaikan informasi tentang perusahaan dengan secara langsung mengundang wartawan).
  • Press-tours (mengundang wartawan untuk berkunjung ke perusahaan).
  • Press-party (menjamu wartawan makan bersama).
  • Pess-receptions ( mengadakan acara khusus pertemuan dengan wartawan).
  • Media gathering ( mengumpulkan media dalam sebuah forum) dll.Special events
  • Corporate blogging ( dengan menulis blog perusahaan untuk menjalin hubungan perusahaan dengan publiknya) hal ini masih baru di ranah public relations Indonesia, tetapi ada beberapa perusahaan yang sudah menjadi pionir awal penggunaanya dan sedang dalam kajian penulis untuk di angkat ke dalam thesis (mohon doanya agar diberikan kemudahan).
2. Special events
  • Open house atau company visit (memberi peluang kepada publik untuk melihat mengenal lebih dekat perusahaan dengan berkunjung langsung ke perusahaan.
  • Fund-raisers (kegiatan mengumpulkan dana). Contoh : beberapa stasiun televisi ramai-ramai menyediakan “dompet peduli” dengan nomor rekening tertentu bagi penonton yang ingin menyumbang dana untuk korban bencana alam.
  • Trade-shows ( mengadakan pameran dagang).
  • Award ceremonies (acara pemberian penghargaan). Panasonic awards ada pemilihan presenter terbaik, program terbaik dll.
  • Contest (lomba-lomba), contoh: Universitas Bina Nusantara mengadakan lomba penulisan blog dengan tema corporate blog sebagai public relation tools
  • Seminar (mengadakan seminar dengan tena yang berkaitan dengan kepentingan masyarakat, baik sebgai penyelenggara atau sebagai pembicara).
  • Lobbying (melakukan negoisasi baik kepada lembaga pemerintah atau bukan , berkaitan dengan masalah- masalah yang menyangkut kepentingan perusahaan).
  • Charitable contributions ( Kegiatan-kegiatan amal untuk membantu masyarakat). Semisal UbiNus memberikan bingkisan lebaran kepada masyarakat sekitar UbiNus.
  • Sponshorships (menjadi sponsosr berbagai event di masyarakat)
  • Letters of denial (surat klarifikasi atas sebuah informasi yang tidak benar yang di sampaikan ke media). Semisal tulisan di surat pembaca pada surat kabar yang menulis keluhan terhadap  perusahaan. Untuk menjaga citra perusahaan menulis sanggahan atau bantahan terhadap tulisan tersebut pada media masa juga. Tentunya dalam penulisan menggunakan kata – kata pilihan tidak menyalahkan justru ucapan terima kasih misalkan.
Sumber bacaan: Public Relations Writing, Rachmat Kriyantono.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar