
Tujuan
atau biasa di sebut ( goals) merupakan sesuatu yang ingin di capai , di
tuju, diraih. Tujuan di sebut juga objective. Tujuan mengarahkan
kegiatan Public Relations , sehingga tidak melenceng atau salah sasaran.
Karena Public Relations adalah fungsi manajemen dalam melaksanakan
kegiatan komunikasi , maka pada dasaranya tujuan public relations adalah
tujuan – tujuan komunikasi. Dalam realitas praktik public relations di
perusahaan, tujuan public relations antara lain menciptakan pemahaman
publik, membangun citra korporat, membangun opini publik yang favorable
serta membentuk goodwill dan kerjasama.
- Menciptakan Pemahaman ( Mutual
Understanding) antara Perusahaan dan Publiknya Tujuan kegiatan PR adalah
berupaya menciptakan saling pengertian antara perusahaan dan publiknya.
Melalui kegiatan komunikasi ini di harapkan terjadi kecukupan informasi
antara perusahaan dengan publiknya. Sehingga bisa mencegah kesalahan
persepsi, karena kesalahpahaman akibat persepsi atau kekurangan
informasi merupakan kesalahan mendasar dalam komunikasi. (seperti cerita
tulisan saya dalam perjalanan kejogja yang hampir berantem).
- Membangun Citra Korporat (Corporate
Image), Citra merupakan gambaran yang ada di benak publik mengenai
perusahaan. Citra adalah persepsi publik tentang perusahaan menyangkut
pelayananya , kualitas produk, budaya perusahaan, perilaku perusahaan,
atau perilaku individu – individu dalam perusahaan. Dan pada akhirnya
persepsi akan mempengaruhi sikap publik, apakah mendukung netral atau
memusuhi contoh nyata adalah kasus rumah sakit omni bagaimana publik mempunyai citra yang negatif atas rumah sakit omni yang mempermasalahkan salah satu pasiennya.
- Membangun opini publik yang favorable, sikap publik terhadap perusahaan bila di ekspresikan di sebut opini publik.
Jadi opini ini bisa di artikan sebagai ekspresi publik mengenai
persepsi dan sikapnya terhadap perusahaan. Public Relations di tuntut
untuk memelihara komunikasi persuasif yang ditujukan untuk : Menjaga
opini yang mendukung, Menciptakan opini yang masih tersembunyi atau yang
belum diekspresikan, Menetralkan opini yang negatif.
- Membentuk goodwill dan kerjasama, Pada
tahap ini tujuan Public Relations sudah pada tindakan nyata maksudnya
sudah terjalin kerja sama dalam bentuk perilaku tertentu yang mendukung
keberhasilan perusahaan. Dalam tahap ini publik di harapkan mendukung
program – program perusahaan. Misalkan bagaimana publik tetap loyal
menggunakan brand atau produk dari perusahaan kita. Good will dan
kerjasama dapat terwujud kaerna adanya inisiatif yang dilakukan
berulang-ulang oelh public relations perusahaan untuk menanamkan saling
pengertian dan kepercayaan kepada publiknya. Kemudian di ikuti tindakan
nyata perusahaan untuk komitmen mewujudkan kepentingan publik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar