Selasa, 21 Februari 2012

Tujuan Public Relations

road-reTujuan atau biasa di sebut ( goals) merupakan sesuatu yang ingin di capai , di tuju, diraih. Tujuan di sebut juga objective. Tujuan mengarahkan kegiatan Public Relations , sehingga tidak melenceng atau salah sasaran. Karena Public Relations adalah fungsi manajemen dalam melaksanakan kegiatan komunikasi , maka pada dasaranya tujuan public relations adalah tujuan – tujuan komunikasi. Dalam realitas praktik public relations di perusahaan, tujuan public relations antara lain menciptakan pemahaman publik, membangun citra korporat, membangun opini publik yang favorable serta membentuk goodwill dan kerjasama.
  1. Menciptakan Pemahaman ( Mutual Understanding) antara Perusahaan dan Publiknya Tujuan kegiatan PR adalah berupaya menciptakan saling pengertian antara perusahaan dan publiknya. Melalui kegiatan komunikasi ini di harapkan terjadi kecukupan informasi antara perusahaan dengan publiknya. Sehingga bisa mencegah kesalahan persepsi, karena kesalahpahaman akibat persepsi atau kekurangan informasi merupakan kesalahan mendasar dalam komunikasi. (seperti cerita tulisan saya dalam perjalanan kejogja yang hampir berantem).
  2. Membangun Citra Korporat (Corporate Image), Citra merupakan gambaran yang ada di benak publik mengenai perusahaan. Citra adalah persepsi publik tentang perusahaan  menyangkut pelayananya , kualitas produk, budaya perusahaan, perilaku perusahaan, atau perilaku individu – individu dalam perusahaan. Dan pada akhirnya persepsi akan mempengaruhi sikap publik, apakah mendukung netral atau memusuhi contoh nyata adalah kasus rumah sakit omni bagaimana publik mempunyai citra yang negatif atas rumah sakit omni yang mempermasalahkan salah satu pasiennya.
  3. Membangun opini publik yang favorable, sikap publik terhadap perusahaan bila di ekspresikan di sebut opini publik. Jadi opini ini bisa di artikan sebagai ekspresi publik mengenai persepsi dan sikapnya terhadap perusahaan. Public Relations di tuntut untuk memelihara komunikasi persuasif yang ditujukan untuk : Menjaga opini yang mendukung, Menciptakan opini yang masih tersembunyi atau yang belum diekspresikan, Menetralkan opini yang negatif.
  4. Membentuk goodwill dan kerjasama, Pada tahap ini tujuan Public Relations sudah pada tindakan nyata maksudnya sudah terjalin kerja sama dalam bentuk perilaku tertentu yang mendukung keberhasilan perusahaan. Dalam tahap ini publik di harapkan mendukung program – program perusahaan. Misalkan bagaimana publik tetap loyal menggunakan brand atau produk dari perusahaan kita. Good will dan kerjasama dapat terwujud kaerna adanya inisiatif yang dilakukan berulang-ulang oelh public relations perusahaan untuk menanamkan saling pengertian dan kepercayaan kepada publiknya.  Kemudian di ikuti tindakan nyata perusahaan untuk komitmen mewujudkan kepentingan publik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar